7 Tips Memilih Saus Asli Yang Aman dan Berkualitas | Saus Sambal Saus Tomat

7 Tips Memilih Saus Asli Yang Aman dan Berkualitas | Saus Sambal Saus Tomat
7 Tips Memilih Saus Asli Yang Aman dan Berkualitas


Menikmati makanan tanpa ditemani saus sambal sepertinya akan terasa hambar buat sobat KaWan pecinta pedas. Saus sambal memberikan sensasi pedas yang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Anak-anak di rumah pun biasa akan mencari saus tomat sebagai pelengkap makanan. Selain itu, saus sambal maupun saus tomat juga kaya akan vitamin A dan C dari cabai dan tomat, yang baik untuk kesehatan.

Di luar sana banyak sekali beredar saus sambal maupun tomat yang terbuat dari bahan yang tidak jelas, dengan iming-iming tagline “cabai atau tomat asli”. Secara sepintas semua saus sambal dan tomat terlihat sama tetapi ternyata tiap saus memiliki komposisi yang berbeda dan cita rasa tersendiri. Lantas, tahukah Anda bagaimana tips memilih saus sambal yang aman dan berkualitas? Yuk, simak informasinya berikut ini.

7 Tips Memilih Saus Asli yang Aman dan Berkualitas

1. Lihat warna saus

Warna saus yang mencolok memang terlihat menarik. Namun, warna tersebut biasanya berasal dari pewarna makanan yang berlebihan atau bahkan pewarna tekstil yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
Bagaimana cara memilih warna saus yang aman ? Hindari warna saus yang mencolok.

Saus asli berwarna seperti tomat dan cabai yaitu merah kekuning-kuningan sedangkan saus palsu berwarna merah mencolok dan terlihat lebih muda.
Lihat warna saus
1. Lihat warna saus

 

2. Lihat tekstur kekentalan saus

Tekstur saus juga dapat menentukan kualitas saus. Saus yang asli dan berkualitas cenderung memiliki tekstur yang cukup kental, tidak cair dan tidak kental karena komposisinya tercampur rata. Sedangkan saus yang non higienis atau palsu ada yang sangat kental dan ada yang cair. 
Yang penting untuk diperhatikan ialah pada saus palsu yang berbahaya ini biasanya ada buih-buih tepung atau gumpalan-gumpalan kecil di dalamnya sebagai efek penambahan formalin.
Lihat tekstur kekentalan saus

2. ihat tekstur kekentalan saus

3. Cium aroma saus

Aroma saus dapat menentukan tingkat kualitas saus. Saus asli yang layak dikonsumsi memiliki aroma khas dengan bau cabai dan tomat pada umumnya. 
Sedangkan saus palsu yang non higienis beraroma seperti bawang putih yang tajam karena menggunakan cabai, tomat, dan papaya busuk, bahkan ada yang mengeluarkan aroma dari bahan kimia yang cukup menyengat.
3. Cium aroma saus
3. Cium aroma saus

4. Rasakan saus jika bisa

Saus asli memiliki rasa cabai dan tomat yang segar sedangkan saus palsu cenderung hanya memiliki rasa gurih.


Rasakan saus jika bisa
4. Rasakan saus jika bisa


5. Cek komposisi saus

Seluruh produk saus sambal yang dijual dalam kemasan pasti sudah mengandung bahan tambahan, baik bahan alami maupun zat aditif. Bahan tambahan alami bisa berupa rempah-rempah lain yang bertujuan menambah sedap rasa. Sedangkan zat aditif atau bahan buatan biasanya bertujuan untuk lebih menguatkan rasa serta memperpanjang masa kedaluarsa.
Pilih saus yang mencantumkan presentase serta takaran yang jelas pada kemasan. Selain itu, hindari saus yang menggunakan bahan-bahan asing.
  




6. Cek keterangan kemasan saus

Sebelum membeli saus, pastikan cek keterangan pada kemasan saus.

-    Terlebih dahulu cek tanggal kadaluarsanya 

-    Pilih saus yang ada logo Depkes (Departemen Kesehatan) atau BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) pada kemasannya, karena 2 logo tersebut menandakan bahwa saus tersebut diproduksi secara higenis dan legal. Jika tidak ada, berarti saus tersebut perlu diwaspadai.

-    Selain melihat tanggal kadaluarsa dan logo Depkes atau BPOM, jangan lupa cek logo Halalnya juga ya sobat KaWan.

Cek keterangan kemasan saus

6. Cek keterangan kemasan saus



7. Cek harga saus

Saus yang asli dan berkualitas memiliki harga wajar dan sesuai dengan harga yang biasa ditawarkan pasar, sedangkan saus palsu harganya jauh lebih murah.





Perlu diingat:
Saat membeli saus sambal sebaiknya Anda menyesuaikan dengan tujuan penggunaan. Jika Anda hendak traveling, saus kemasan sacheet bisa dijadikan pilihan sebab tidak memakan banyak tempat. Selain itu, saus jenis ini bisa habis dalam sekali makan.
Untuk pemakaian sehari-hari bisa menggunakan saus botol atau pouch. Saus jenis ini bisa dipakai berkali-kali sebelum habis. Hanya saja pastikan Anda menutupnya dengan sempurna dan setelah dipakai disimpan di dalam kulkas. Meski usia penyimpanan saus setelah dibuka bisa bertahan lama, saus baru terasa lebih sedap. Oleh karena itu, belilah saus yang ukurannya tidak terlalu besar dan cepat dihabiskan.

Sayangilah kesehatan kita dan keluargadengan mencermati pemilihan bahan-bahan makanan sobat KaWan.




Terima kasih buat sobat KaWan yang sudah meluangkan waktu untuk membacanya, semoga bermanfaat. Silahkan Comment jika ada tambahan masukan lain dan Share ke teman jika sobat KaWanmerasa ini berguna ❤ ❤ ❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar