Jangan Abaikan Nyeri Tulang, Bisa Jadi Gejala Kanker Tulang





Pengertian Nyeri Tulang

Nyeri tulang merupakan kondisi munculnya rasa nyeri pada satu tulang maupun beberapa tulang yang menyebabkan tulang menjadi meradang. (Hello Sehat)




 
Penyebab Nyeri Tulang:
Faktor Risiko nyeri tulang di antaranya:
      
    Cedera saat olahraga atau kecelakaan
    Kekurangan mineral
    Infeksi tulang (osteomielitis)
    Kanker tulang
    Leukemia
    Penyakit yang menghambat aliran darah ke tulang, seperti anemia sel sabit

 

Gejala Nyeri Tulang

Gejala nyeri tulang cenderung berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari penyebabnya itu sendiri. Namun secara umum gejala nyeri tulang:

    Rasa sakit yang tajam terutama jika diakibatkan patah tulang

    Rasa nyeri cenderung gampang kambuh 

    Rasa nyeri terasa sepanjang waktu

    Rasa nyeri tetap terasa saat bergerak maupun saat istirahat

    Rasa nyeri dan tekanan hebat di bagian tulang, kram, bengkak, hingga susah tidur. 

 

Pencegahan Nyeri Tulang

Cara pencegahan terhadap nyeri sendi ialah:
Kompres air hangat
Tidak beraktivitas berat dan istirahat yang cukup
Minum kopi memperkuat tulang sesuai anjuran dosis dari dokter


Kanker Tulang


Osteosarcoma adalah salah satu jenis kanker tulang paling sering dijumpai yang menyerang remaja berusia 20 ke bawah dan anak-anak. Kanker tulang jenis ini umumnya menyerang tulang-tulang berukuran besar pada bagian yang memiliki tingkat pertumbuhan tercepat.

Biasanya, kanker ini memiliki gejala nyeri di bagian tulang yang terdapat tumor (umumnya sekitar lutut atau lengan bagian atas). Jika tidak segera ditangani, kanker ini dapat mengakibatkan pengidapnya harus mengamputasi bagian yang terkena kanker.

"Sepele, nyeri pada tulang itu harus betul-betul dideteksi lebih awal dan nyeri pada keganasan itu belum tentu disebabkan oleh karena cedera. Jadi misalnya justru nyeri yang tidak disebabkan oleh cedera menjadi perhatian," tutur dr Sigit Daru Cahayadi, SpOT (K) Onk, ahli ortopedi onkologi di RSUP Persahabatan, Jumat (20/7). (Health/Detik)



Konsultasi ke Dokter adalah Solusi Terbaik


Jika nyeri yang Anda rasakan semakin memburuk dan berlangsung cukup lama sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 



 *Disclaimer: KabarWanita.com tetap menganjurkan sobat KaWan terutama yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi medis tertentu agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan perihal gejala-gejala yang dipaparkan pada artikel di atas jika terjadi pada tubuh sobat KaWan. Meskipun isi yang dipaparkan dalam artikel ini telah mengacu pada sejumlah studi kajian ilmiah, tapi hal ini bukanlah merupakan sebuah ilmu (Science) yang pasti (Exact) dan menyeluruh (Universal) dimana masih akan ada penelitian (Research) lebih lanjut oleh para ilmuwan (Scientist) sehingga isi dari artikel ini masih memungkinkan untuk direvisi kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar