Kopi Membantu Mengatasi Sembelit Secara Alami | Manfaat Kopi #23


Pasti rasanya tidak enak jika sedang sembelit bukan? Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengeluarkannya. Salah satu cara kekinian mengatasi sembelit ialah dengan minum kopi.


23. Kopi Membersihkan perut atau saluran pencernaan

Kopi Mengatasi Sembelit Secara Alami
Kopi Membantu Mengatasi Sembelit Secara Alami


Setiap orang memiliki respon yang berbeda setelah minum kopi. Kopi dapat menjadi obat pencahar alami untuk mengeluarkan sisa makanan semalam yang tidak bisa dicerna jika dikonsumsi di pagi hari. Dari 30% orang yang merasakan efek ingin buang air besar, hal ini lebih banyak dirasakan oleh wanita dibanding pria karena wanita lebih sensitif terhadap rasa nyeri pada perut.

Banyak pakar yang melakukan penelitian akan manfaat kopi untuk mengatasi sembelit. Ada satu studi yang melakukan yang melakukan penelitian pada 99 partisipan. Mereka yang terlibat dalam penelitian diwawancarai mengenai kebiasaan buang air besar dan minuman apa yang mereka konsumsi untuk melancarkan susah BAB tersebut.

Sebanyak 63% partisipan mengatakan bahwa kopi adalah minuman yang mereka gunakan untuk memicu keinginan buang air besar. Kopi ditemukan meningkatkan pergerakan usus bagian rectosigmoid, setidaknya dalam waktu 30 menit setelah meminumnya. Hasil ini membuktikan bahwa kopi menstimulasi respon motorik dari usus bagian distal pada beberapa orang.

Pada sebagian orang, minum kopi memang punya efek membantu melancarkan BAB. Akan tetapi menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders (IFFGD), minuman berkafein secara berlebihan justru membuat frekuensi BAB meningkat dan konsistensi feses yang keluar lembek hingga cair.

Jadi, bisa dikatakan bahwa kopi dapat membantu mengatasi sembelit pada beberapa orang. Namun, kopi tidak bisa menyembuhkan atau mengatasi kondisi sembelit yang sudah parah.



24. Kopi Mengurangi Tingkat Bunuh Diri Akibat Depresi

Siapa sangka, salah satu manfaat kopi bisa mengurangi risiko bunuh diri. Di era teknologi yang cepat ini, banyak penelitian telah membuktikan bahwa alasan dan faktor seseorang melakukan bunuh diri adalah karena penyakit psikologis, penyalahgunaan zat tertentu. Alasan lainnya karena kesulitan keuangan.



 *Disclaimer: KabarWanita.com tetap menganjurkan sobat KaWan terutama yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi medis tertentu agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan perihal gejala-gejala yang dipaparkan pada artikel di atas jika terjadi pada tubuh sobat KaWan. Meskipun isi yang dipaparkan dalam artikel ini telah mengacu pada sejumlah studi kajian ilmiah, tapi hal ini bukanlah merupakan sebuah ilmu (Science) yang pasti (Exact) dan menyeluruh (Universal) dimana masih akan ada penelitian (Research) lebih lanjut oleh para ilmuwan (Scientist) sehingga isi dari artikel ini masih memungkinkan untuk direvisi kembali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar