Kopi Hitam Meningkatkan Metabolisme agar Tubuh Berfungsi dengan Baik - Manfaat Kopi #16

Tanda penting saat metabolisme tubuh melemah ialah fungsi tubuh pun ikut melemah. Minum kopi merupakan salah satu cara mudah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Apa itu metabolisme tubuh ?



16. Kopi Meningkatkan Metabolisme dalam tubuh

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh sekitar 3-11% pada orang normal, hasil dari penelitian pada tahun 1980.


Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015) metabolisme berhubungan dengan aktivitas tubuh. Untuk menentukan fungsi organ tubuh, memperbaiki sel, pencernaan makanan, dan pernapasan.

Metabolisme tubuh adalah proses dimana tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Selama proses ini, kalori dalam makanan dan minuman akan bekerja dengan oksigen untuk menghasilkan energi agar tubuh berfungsi dengan baik.



Mangan yang terkandung dalam kopi juga terlibat dalam proses pembentukan enzim untuk metabolisme dalam tubuh. Enzim inilah yang berfungsi untuk memengaruhi dan memercepat proses metabolisme atau reaksi kimia di dalam tubuh. Mangan berperan penting dalam reaksi-reaksi kimia yang melibatkan produksi energi, metabolisme sel syaraf, kontraksi otot, dan pertumbuhan tulang. Tanpa enzim, proses metabolisme dalam tubuh dapat terganggu.






17. Kopi Meningkatkan Kinerja dan Menjaga Sistem Saraf

Setiap fungsi tubuh manusia dikendalikan oleh sistemnya masing-masing. Nah, melihat, mencium bau, merasakan berbagai macam sensasi, hingga kerja organ tubuh yang tidak pernah kita sadari semuanya diatur oleh sistem saraf.
Read More...




*Disclaimer: KabarWanita.com tetap menganjurkan sobat KaWan terutama yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi medis tertentu agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan perihal gejala-gejala yang dipaparkan pada artikel di atas jika terjadi pada tubuh sobat KaWan. Meskipun isi yang dipaparkan dalam artikel ini telah mengacu pada sejumlah studi kajian ilmiah, tapi hal ini bukanlah merupakan sebuah ilmu (Science) yang pasti (Exact) dan menyeluruh (Universal) dimana masih akan ada penelitian (Research) lebih lanjut oleh para ilmuwan (Scientist) sehingga isi dari artikel ini masih memungkinkan untuk direvisi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar