Ketahui 4 Perbedaan Gejala Nyeri, Encok, Pegal Linu untuk Pengobatan dan Pencegahannya




Ketahui jenis-jenis nyeri karena pengobatan dan pencegahannya berbeda.

Daftar Isi :


Nyeri Sendi
Nyeri Tulang
Encok
Nyeri Otot (Pegal Linu)


Pengertian :

Nyeri Sendi
Nyeri sendi merupakan kondisi munculnya rasa tidak nyaman, rasa sakit atau peradangan pada setiap bagian dari sendi seperti tulang rawan, tulang, ligamen, tendon, atau otot.

Nyeri Tulang
Nyeri tulang merupakan kondisi munculnya rasa nyeri pada satu tulang maupun beberapa tulang yang menyebabkan tulang menjadi meradang.

Encok
Encok merupakan penyakit radang sendi akibat dampak dari penyakit asam urat. 

Nyeri Otot (Pegal Linu)
Nyeri otot (myalgia) bukanlah suatu penyakit, tetapi gejala dari suatu penyakit atau kondisi tertentu.


Penyebab :

Nyeri Sendi 
Kebanyakan penyebab nyeri sendi adalah radang sendi, infeksi virus, gejala awal gangguan sendi atau gangguan sendi kronis yang sudah ada, dan asam urat.

Nyeri Tulang
Cedera saat olahraga atau kecelakaan, kekurangan mineral, infeksi tulang, kanker tulang, leukemia, penyakit yang menghambat aliran darah ke tulang, seperti anemia sel sabit.

Encok
Pada kondisi normal, tubuh bisa mengeluarkan asam urat melalui urine dan feses. Namun, jika jumlahnya berlebih, asam urat akan mengeras dan membentuk kristal. Kristal asam urat lantas menumpuk pada sendi dan menyebabkan peradangan serta nyeri hebat

Nyeri Otot (Pegal Linu)
Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, kekurangan nutrisi (terutama kalsium dan vitamin D), kurang tidur, stress, dehidrasi.



Perbedaan Gejala Paling Umum :

1. Rasa Nyeri:

Nyeri Sendi
Rasa nyeri jauh terasa ke dalam sendi

Nyeri Tulang
Rasa sakit yang tajam, kram, bengkak, hingga susah tidur terutama jika diakibatkan patah tulang
 
Encok
Rasa nyeri yang terasa hebat, kemerahan, sensasi panas, pembengkakan, dan kekakuan pada sendi.

Nyeri Otot (Pegal Linu)



Rasa nyeri biasanya ringan dan hanya terjadi di satu otot tertentu, nyeri otot juga bisa terasa di seluruh bagian tubuh dan sangat menyiksa.




2. Posisi:

Nyeri Sendi
Rasa nyeri pada setiap bagian dari sendi seperti tulang rawan, tulang, ligamen, tendon, atau otot dan bisa menyebar ke bokong, paha, atau selangkangan.

Nyeri Tulang
Rasa nyeri dan tekanan hebat di bagian tulang.
 
Encok

Biasanya encok terjadi pada ibu jari kaki, persendian lain seperti lutut dan pergelangan. Akan tetapi, encok terkadang juga menyerang siku, jari tangan, pergelangan tangan, serta tulang belakang walaupun jarang. 

Nyeri Otot (Pegal Linu)
Nyeri otot bisa muncul di bagian tubuh mana pun, misalnya otot punggung, leher, lengan, paha, atau betis. Hampir semua orang pernah mengalaminya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa



3. Kondisi Membaik:

Nyeri Sendi
Rasa nyeri membaik dengan istirahat

Nyeri Tulang
Rasa nyeri cenderung gampang kambuh
 
Encok
Kondisi membaik saat Anda perlu mengonsumsi obat untuk meredakan peradangan dan gejala yang menyertainya.

Nyeri Otot (Pegal Linu)
Nyeri otot bukanlah kondisi yang serius dan bisa hilang dengan sendirinya setelah beristirahat,
minum obat pegal linu, menempelkan koyo, atau pijat



4. Waktu Terjadi:

Nyeri Sendi
Rasa nyeri tidak terasa di pagi hari tetapi semakin memburuk sepanjang hari. Rasa nyeri dapat meningkat saat hujan.

Nyeri Tulang
Rasa nyeri sepanjang waktu, tetap terasa saat bergerak maupun saat istirahat

Encok
Encok biasa kambuh di saat malam atau menjelang pagi.  Namun, gejala encok dapat muncul kapan saja tanpa tanda awal, tetapi penderita lebih sering mengeluhkannya pada tengah malam. Setelah serangan gejala berakhir, Anda mungkin tidak akan mengalaminya lagi selama beberapa minggu, bulan, atau bertahun-tahun setelahnya. Barulah beberapa waktu setelahnya, sendi pada tubuh kembali meradang sehingga penderita merasakan lagi gejala encok yang sebelumnya sempat menghilang.
 
Nyeri Otot (Pegal Linu)
Saat postur tubuh atau gerakan olahraga yang tidak tepat, cedera otot, infeksi, hingga efek samping obat-obatan.
  

 

Pengobatan :

Nyeri Sendi 
Kebanyakan penyebab nyeri sendi adalah radang sendi, infeksi virus, gejala awal gangguan sendi atau gangguan sendi kronis yang sudah ada, dan asam urat.

Nyeri Tulang
Minum obat pereda nyeri dan istirahat yang cukup.

Encok
Penyakit encok tidak dapat disembuhkan, biasanya Anda perlu mengonsumsi obat untuk meredakan peradangan dan gejala yang menyertainya.

Nyeri Otot (Pegal Linu)
Pijat, minum obat pegal linu, menempel koyo, terapi panas, terapi dingin, memakai pakaian yang membungkus otot, setelah berolahraga, konsumsi suplemen antioksidan yang mengandung curcumin atau omega-3, minum susu, minum kopi (kopi redakan nyeri otot).




Pencegahan :

Nyeri Sendi 

Kompres es, kompres air hangat, fisioterapi, akupuntur, pijatan guna meredakan nyeri sendi di lutut dan pinggul, tidak beraktivitas berat atau menggunakan sendi secara berlebih dan istirahat yang cukup, minum kopi cegah nyeri sendi

Nyeri Tulang
Kompres air hangat, tdak beraktivitas berat dan istirahat yang cukup, minum kopi memperkuat tulang sesuai anjuran dosis dokter.

Encok
Memperbaiki pola makan, aktif berolahraga, menjaga berat badan ideal, melindungi persendian.

Nyeri Otot (Pegal Linu)
Minum kopi 1 jam sebelum berolahraga atau beraktivitas.

 

 

Konsultasi ke Dokter adalah solusi terbaik

Jika nyeri yang Anda rasakan semakin memburuk dan berlangsung cukup lama sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 





 *Disclaimer: KabarWanita.com tetap menganjurkan sobat KaWan terutama yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi medis tertentu agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan perihal gejala-gejala yang dipaparkan pada artikel di atas jika terjadi pada tubuh sobat KaWan. Meskipun isi yang dipaparkan dalam artikel ini telah mengacu pada sejumlah studi kajian ilmiah, tapi hal ini bukanlah merupakan sebuah ilmu (Science) yang pasti (Exact) dan menyeluruh (Universal) dimana masih akan ada penelitian (Research) lebih lanjut oleh para ilmuwan (Scientist) sehingga isi dari artikel ini masih memungkinkan untuk direvisi kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar