4 Alasan Mengapa Kamu Sering Kencing Setelah Minum Kopi | Manfaat Kopi #22

Mengapa minum kopi membuat Anda sering kencing?

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Human Nutrition and Diet menyatakan bahwa mengonsumsi kafein sebanyak 250 hingga 300 mg dapat meningkatkan jumlah urin hingga beberapa hari kemudian. 


22. Kopi Merangsang Pengeluaran Cairan dari Tubuh





Kenapa minum kopi bisa mengakibatkan buang air kecil menjadi lebih sering? 

1.  Merangsang pengeluaran cairan dari tubuh (diuretik)

Kandungan mangan dalam kopi berperan dalam pembentukan urea. Sehingga kopi dapat merangsang pengeluaran cairan dari tubuh (diuretik) sehingga peminumnya akan sering kencing.


2. Meningkatkan volume darah pada sistem renal

Sebagai simultan, kafein akan meningkatkan aktivitas jantung serta mempercepat aliran darah jika masuk ke dalam tubuh. Peningkatan aktivitas ini menyebabkan jantung semakin cepat berdenyut atau berdebar-debar dan meningkatkan tekanan darah. Semua tekanan darah meningkat, termasuk tekanan darah pada sistem renal – sistem yang mengatur pengeluaran urin – dan mengakibatkan volume darah juga meningkat.
Pada dasarnya, fungsi utama ginjal adalah menyaring darah serta mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh. Karena volume darah yang mengalir pada ginjal meningkat akibat konsumsi kafein, maka darah yang disaring semakin banyak dan pada akhirnya menghasilkan cairan urin yang juga banyak.

 

3. Kafein menghalangi penyerapan natrium dan air di dalam ginjal

Selain menyaring darah, ginjal juga bertanggung jawab untuk mempertahankan keseimbangan natrium dan air di dalam tubuh. Jika jumlah natrium tidak seimbang di dalam tubuh maka akan menyebabkan berbagai gangguan fungsi sel tubuh. Dalam hal ini, kafein menghambat penyerapan natrium dan air pada ginjal.
Air yang diserap kembali oleh ginjal sebenarnya dilakukan untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak kekurangan air. Namun jika hal ini terhambat, akan menyebabkan air terlalu banyak terbuang dan akhirnya Anda akan merasa ingin terus pipis.


4. Kafein melemaskan otot kandung kemih

Konsumsi kafein yang terlalu sering ternyata dapat berpengaruh pada kekuatan otot kandung kemih. Kandung kemih adalah tempat menampung air urin di tubuh sebelum dikeluarkan. Otot kandung kemih akan bereaksi ketika kandung kemih sudah penuh dan akhirnya menstimulasi otak untuk menimbulkan rasa ingin buang air kecil.
Pada orang yang terlalu sering mengonsumsi kafein, kafein menyebabkan otot kandung kemih melemah. Hal ini membuat kandung kemih tidak bisa menampung terlalu banyak cairan di dalamnya. Sehingga menyebabkan Anda semakin sering buang air kecil.



23. Kopi Membersihkan perut atau saluran pencernaan

Pasti rasanya tidak enak jika sedang sembelit bukan? Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengeluarkannya. Salah satu cara kekinian mengatasi sembelit ialah dengan minum kopi.

Teruskan Baca...







 *Disclaimer: KabarWanita.com tetap menganjurkan sobat KaWan terutama yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi medis tertentu agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan perihal gejala-gejala yang dipaparkan pada artikel di atas jika terjadi pada tubuh sobat KaWan. Meskipun isi yang dipaparkan dalam artikel ini telah mengacu pada sejumlah studi kajian ilmiah, tapi hal ini bukanlah merupakan sebuah ilmu (Science) yang pasti (Exact) dan menyeluruh (Universal) dimana masih akan ada penelitian (Research) lebih lanjut oleh para ilmuwan (Scientist) sehingga isi dari artikel ini masih memungkinkan untuk direvisi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar