10 Tips Cara Mengupas Kulit Bawang Putih | Kelebihan dan Kekurangannya



Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur utama yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Tak hanya menambah rasa sedap, bawang putih juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ketika dikonsumsi.

Meski bawang putih sering digunakan, namun masih banyak yang merasa sulit mengupas kulit bawang putih dengan cepat apalagi kalau banyak bawang putih yang perlu dikupas. Sobat kawan biasa memerlukan waktu berapa lama untuk melepas kulit pada bawang hingga bersih ?

Berikut 10 Cara mengupas kulit bawang putih dengan cepat:


1. Potong ujung atas bawang putih

Potong ujung atas bawang putih menggunakan pisau, kemudian lanjutkan mengupas bawang seperti biasa menggunakan tangan secara tradisional atau pakai pisau.
Kelebihan: Mudah
Kekurangan: Tidak semua kulit terkupas dan waktunya cukup lama



2. Cara tusuk sate

Tusuk di bagian tengah bawang putih yang masih utuh, kemudian dengan menggunakan pisau cungkil bawang putih tiap siungnya satu persatu.

Kelebihan: Praktis dan cepat (hanya untuk yang expert )
Kekurangan: Hal ini juga cukup bahaya jika tidak berhati-hati, tangan bisa tertusuk pisau
 

 

3. Gunakan wadah atau toples

Masukkan bawang putih ke dalam toples yang ditutup rapat. Jika tidak ada toples, bisa juga sobat KaWan menggunakan rantang ,mangkuk, panci, atau wadah lainnya yang bisa saling menutup. Kocok dengan kuat sekitar 15 detik saja. Buka tutup wadah, pisahkan bawang putih dari kulitnya yang sudah terkelupas. Ulangi kembali langkah mengocok wadah agar semua kulit bawang bisa terlepas sempurna. Sehingga bila diguncangkan, bawang putih bisa terbentur ke segala penjurunya dan kulitnya pun akan terlepas dengan sendirinya akibat benturan tadi.

Kelebihan : Lebih aman dan bisa untuk banyak bawang
Kekurangan: Wadah yang digunakan akan berbau bawang putih dan harus dicuci berulang kali agar baunya hilang.





4. Rendam dengan air panas

Siapkan sebuah wadah berisi air panas. Masukkan bawang putih ke dalam wadah air panas itu lalu diamkan sekitar 5 menit. Bawang putih pun akan lebih mudah dikupas dengan tangan.

Kelebihan: Praktis, aman, dan bisa untuk banyak bawang
Kekurangan: Tidak bisa disimpan lama karena bawang putih akan jadi lembap dan cepat busuk jika disimpan.



5. Bungkus dengan kain katun

Bungkus bawang putih dalam kain katun bersih lalu ikat bagian atas kain dengan karet. Gosok-gosokkan kain katun yang berisi bawang tadi dengan tangan selama beberapa saat. Kulit bawang pun akan terkelupas dengan mudah.
Kelebihan: Praktis dan aman
Kekurangan: Proses mencuci kainnya cukup sedikit merepotkan


6. Menggunakan thumb pengupas bawang

Alat pengupas bawang thumb ini sangatlah praktis dan dapat dibeli di marketplace.

Kelebihan: Praktis, mudah dicuci, dan cepat jika hanya beberapa siung bawang saja yang ingin digunakan
Kekurangan: Proses cukup lama jika ingin mengupas banyak bawang
 

 

7. Menggunakan silikon pengupas bawang

Saat ini sudah banyak beredar alat pengupas bawang silicon. Langkahnya sama seperti menggunakan kain katun, tap ini lebih higienis karena mudah dibersihkan dan juga cepat.  Masukkan bawang ke dalam silicon pengupas bawang, gosok-gosokkan dengan tangan atau gosokkan di atas talenan atau meja untuk lebih mudahnya selama beberapa saat. Kulit bawang pun akan terkelupas dengan mudah.

Kelebihan: Praktis dan aman
Kekurangan: Hanya bisa 1 -3 siuang bawang putih


8. Menggunakan alat press bawang

Jika ingin cepat karena sudah terburu-buru, ini solusi paling cepat juga. Menggunakan alat pres bawang.
Kelebihan: Sangat cepat dilakukan
Kekurangan: Bawang yang diperoleh sedikit karena masih ada beberapa yang tertinggal di alat press. Hanya bisa dilakukan satu per satu untuk tiap suing bawang nya.




9. Tumbuk dengan benda keras

Pertama-tama, letakkan bawang putih di atas permukaan yang keras seperti talenan, lalu tumbuk dengan sendok, pisau, anak cobek, pisau, bahkan talenan. Cara ini biasa dikenal dengan ‘geprek’. Namun tidak perlu terlalu keras menggepreknya hingga memar, karena tujuan utamanya hanya untuk memisahkan kulit dari bawang putih.
Kelebihan: Praktis dan aman
Kekurangan: Tangan akan sakit, tidak semua bawang lepas dari kulit, kurang cocok untuk yang ingin menyimpan bawang dan menyajikan bawang dalam bentuk yang utuh atau rapi
 

10. Gunakan microwave

Masukkan bawang putih dalam microwave lalu panaskan selama beberapa detik saja. Dijamin kulitnya pun akan rontok alias terkelupas dengan sendirinya. Bonusnya,  aroma bawang putih ini juga jadi lebih sedap!
Kelebihan: Cepat
Kekurangan: Harus pakai microwave hanya untuk mengupas bawang. Bawang juga akan sedikit matang tidak cocok untuk disimpan.




Cara mana yang ingin segera di coba? Selamat bekerja di dapur sobat KaWan…   


Terima kasih buat sobat KaWan yang sudah meluangkan waktu untuk membacanya, semoga bermanfaat. Silahkan Comment jika ada tambahan masukan lain dan Share ke teman jika sobat KaWanmerasa ini berguna ❤ ❤ ❤










Tidak ada komentar:

Posting Komentar