Penelitian Kopi Dapat Menurunkan Resiko Kanker Payudara | Manfaat Kopi #44


Bagi sebagian orang, menikmati secangkir kopi untuk memulai aktivitas sehari-hari sudah jadi rutinitas. Tahukah sobat KaWan bahwa kafein dapat menurunkan resiko kanker payudara ?


44.  Kopi Dapat Menurunkan Resiko Kanker Payudara


Simak beberapa penelitian yang menegaskan kaitan kopi dan kanker payudara.

1.  Pada tahun 2008, Lund University di Swedia melakukan penelitian untuk mempelajari kaitan minum  kopi dengan pencegahan kanker payudara pada 460 wanita. Hasilnya memang terbukti bahwa kanker dapat dicegah dengan minum kopi. Hasil studi menunjukkan bahwa dengan meminum kopi setidaknya tiga cangkir sehari dapat menurunkan resiko kanker hingga 33%. Mereka juga menemukan bahwa perkembangan kanker payudara juga melambat dengan konsumsi kopi yang tinggi. Sedangkan perkembangan kanker payudara tidak melambat pada wanita yang jarang atau tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

2. Studi dari Universitas Lund tersebut dilanjutkan dari hasil studi para peneliti Swedia sebelumnya yang mengindikasikan bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker payudara pada orang-orang pembawa gen BRCA1. Meski demikian para ahli tak mengetahui secara pasti penyebabnya. Sebagai informasi, BRCA1 dan BRCA2 adalah gen kanker payudara.

3. Ada pula studi serupa yang melibatkan para peneliti dari Institut Karolinska, Swedia. Mereka melakukan penelitian terhadap 6.000 wanita berusia di atas 50 tahun. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 5 cangkir kopi atau lebih per hari akan mengalami penurunan resiko kanker payudara hingga 57 %  pada wanita pasca menopause.


4. 54% wanita dewasa di Amerika Serikat minum kopi setiap hari, menurut Harvard School of Public Health. Peminum kopi rata-rata minum tiga cangkir setiap hari. Sejauh ini, penelitian menunjukkan kopi tidak menyebabkan kanker payudara atau meningkatkan risikonya. Bahkan, sebenarnya bisa dikaitkan dengan resiko kanker payudara yang lebih rendah.

5. Pada 2011, sebuah penelitian Swedia yang jauh lebih besar menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan sedikit penurunan risiko kanker payudara di antara wanita pascamenopause. Wanita yang minum setidaknya lima cangkir kopi per hari adalah 57% lebih kecil kemungkinannya didiagnosis dengan kanker payudara hormon-reseptor-negatif setelah menopause. Dikutip dari BioMed Central yang merupakan penerbit akses terbuka ilmiah berbasis di Britania Raya yang menghasilkan lebih dari 250 jurnal ilmiah.

6. Dilansir dari BioMed Central, wanita yang minum setidaknya lima cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 33% lebih rendah untuk didiagnosis dengan kanker payudara hormon-reseptor-negatif setelah menopause dalam penelitian di Jerman.


Terima kasih buat sobat KaWan yang telah meluangkan waktunya untuk menambah wawasan dengan membaca artikel ini. Silahkan di-Share jika sobat KaWan merasa artikel ini dapat bermanfaat pula bagi sesama teman yang membutuhkan.


*Disclaimer: KabarWanita.com tetap menganjurkan sobat KaWan terutama yang memiliki riwayat kesehatan atau  kondisi medis tertentu agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan perihal efek minum kopi dan jumlah asupan kopi bagi tubuh sobat KaWan karena dampak bagi setiap tubuh bisa berbeda-beda. Meskipun isi yang dipaparkan dalam artikel ini telah mengacu pada sejumlah studi kajian ilmiah, tapi hal ini bukanlah merupakan sebuah ilmu (Science) yang pasti (Exact) dan menyeluruh (Universal) dimana masih akan ada penelitian (Research) lebih lanjut oleh para ilmuwan (Scientist) sehingga isi dari artikel ini masih memungkinkan untuk direvisi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar