Cegah Kanker Rahim dengan Minum Kopi | Manfaat Kopi #46

Sobat KaWan tentunya pernah mendengar pro dan kontra perihal efek minum kopi. Ada kalanya orang takut meminum kopi karena dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Tapi, jika sobat KaWan tidak memiliki efek samping setelah minum kopi, ada baiknya sobat KaWan tetap menikmati minum kopi seperti biasanya.




Karena minum kopi dapat membantu wanita untuk menghindari dan memerangi kanker, khususnya kanker rahim atau kanker serviks, kanker yang sangat mengerikan bagi kita para wanita.


46. Kopi Mengurangi Risiko Kanker Rahim

KabarWanita.com akan memaparkan secara singkat 2 penelitian efek minum kopi dan kanker rahim terhadap lebih dari 50 ribu wanita yang telah dilakukan di luar negeri selama hampir 20 tahun.

Berikut 2 Penelitian efek minum kopi dan kanker rahim :

 1. Penelitian Ilmuwan Swedia perihal Minum Kopi Mencegah Kanker Rahim (Kanker Serviks)

Pada tahun 1987 - 1990 dalam program mamografi nasional Swedia perihal kebiasaan makan dan minum mereka, telah diuji lebih dari 60.000 wanita Swedia suka minum kopi. Kemudiandilakukan survei ke-2 pada tahun 1997. Kurang lebih selama 17 tahun melakukan pemantauan, ada sekitar 1% wanita yang menderita kanker rahim. Usia rata-rata pasien yang menderita kanker rahim adalah 67 tahun.

Para ilmuwan Swedia mengklaim bahwa:
  • Wanita yang minum dua cangkir kopi atau lebih dalam sehari dapat mengurangi risiko kanker dibanding wanita yang minum lebih sedikit kopi.
  • Setiap cangkir kopi tambahan per hari memiliki risiko 10% lebih rendah terkena kanker rahim bagi wanita.
  • Bagi wanita obesitas atau kelebihan berat badan, setiap cangkir kopi tambahan dapat mengurangi risiko kanker rahim sebesar 12%.
  • Kopi dapat memengaruhi kadar gula, sel-sel lemak dan kadar estrogen dalam darah manusia, semua yang dapat memicu kanker rahim atau kanker serviks ini.
Emilie Frieberg yang merupakan salah satu penulis penelitian dari salah satu INstitut di Stockholm, Swedia merangkum bahwa wanita yang minum kopi yang mengandung kafein sebanyak 2 cangkir atau lebih rutin dalam sehari dapat membantu menghindari kanker rahim khususnya bagi wanita yang kelebihan berat badan. (Source: healthguide.net)



2. Penelitian Pusat Kanker Nasional Jepang perihal Minum Kopi Mencegah Kanker Rahim (Kanker Serviks)

Kementrian Kesehatan Jepang menggagas untuk melakukan riset perihal efek wanita minum kopi dan wanita yang mengidap kanker rahim. Selama 15 tahun, para ahli dari Pusat Kanker Nasional Jepang memantau sekitar 54.000 wanita berusia 40 hingga 69 tahun. Para wanita tersebut dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan tingkat konsumsi minum kopi.

Dari hasil penelitian tercatat bahwa :
  • Wanita yang positif terkena kanker rahim sebanyak 117 orang.
  • Kelompok yang minum kopi lebih dari 3 cangkir sehariberisiko 60% lebih kecil mengidap kankerker rahim dibanding wanita yang minum kopi kurang dari 2x dalam seminggu.
  • Kopi dapat mempengaruhi penekanan kadar insulin sehingga mungkin dapat menekan risiko mengidap kanker rahim.




Terima kasih buat sobat KaWan yang telah meluangkan waktunya untuk menambah wawasan dengan membaca artikel ini. Silahkan di-Share jika sobat KaWan merasa artikel ini dapat bermanfaat pula bagi sesama teman yang membutuhkan.






*Disclaimer:
KabarWanita.com tetap menganjurkan sobat KaWan terutama yang memiliki riwayat kesehatan atau kondisi medis tertentu agar dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan perihal efek minum kopi dan jumlah asupan kopi bagi tubuh sobat KaWan karena dampak bagi setiap tubuh bisa berbeda-beda. Meskipun isi yang dipaparkan dalam artikel ini telah mengacu pada sejumlah studi kajian ilmiah, tapi hal ini bukanlah merupakan sebuah ilmu (Science) yang pasti (Exact) dan menyeluruh (Universal) dimana masih akan ada penelitian (Research) lebih lanjut oleh para ilmuwan (Scientist) sehingga isi dari artikel ini masih memungkinkan untuk direvisi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar