12 Trik Kerja Dari Rumah Lebih Menyenangkan


Sejak World Health Organization (WHO) resmi menetapkan virus Covid-19 atau Corona sebagai pandemi dan mulai menyerang Indonesia, beberapa perusahaan memberlakukan sistem kerja dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Sebagian orang merasa senang, ada yang senang tapi tanpa sadar merasa cemas, dan ada pula yang stres karena adanya Social Distancing ini.

Bagi sobat KaWan yang  terlalu happy biasanya bawaannya jadi malas-malasan untuk mengerjakan tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan di kantor karena tidak ada yang melihat. Bagi sobat KaWan  yang cemas dan stres, jangan khawatir KabarWanita.com membagikan triknya.

12 Trik Kerja Dari Rumah Seperti Kerja di Kantor :


1. Bangun Cepat, Mandi, dan Sarapan seperti biasanya Saat Kerja di Kantor

✔ Bangun lebih awal

images.pexels.com
Bangun lebih awal adalah metode produktivitas, mulai lebih awal dan konsisten sehingga dapat melaksanakan aktivitas lebih banyak di siang hari. Metode ini telah direkomendasikan sejak zaman dahulu dan sekarang direkomendasikan oleh sejumlah guru pengembangan pribadi. Sumber: Wiki






✔ Mandi pagi

wallpaperflare
Mandi adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi. Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, kotoran, dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, manusia biasanya merasa segar, bersih, dan santai. Sumber: Wiki

✔ Sarapan

wallpaperflare
Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah. Manfaat sarapan dapat membuat lebih fokus dan memberikan nutrisi pada otak, sehingga anak yang sarapan berprestasi lebih baik di sekolah daripada anak yang tidak sarapan. Sumber: Wiki



2. Berpakaian Rapi yang Berwarna Cerah

images.pexels
    Warna cerah dapat membangkitkan semangat bahkan bagi orang yang depresi sekalipun. Warna cerah seperti kuning, merah, maupun orange dapat membangkitkan mood sehingga secara psikologis Anda dapat lebih ceria dan semangat melakukan segala aktivitas sehari-hari. Warna bisa meningkatkan sisi positif seseorang, sehingga Anda dapat lebih percaya diri dan lincah.

3. Gunakan Parfum dan Tetap berMakeUp

images.pexels
Manfaat parfum dan make up untuk meningkatkan suasana hati dan rasa percaya diri. Jadi walaupun bekerja dari rumah dan tidak ada teman kantor yang melihat, secara psikologi, pikiran dan tubuh Anda berpikir dan bergerak seakan Anda sedang kerja di kantor. Jadi, Anda bisa tetap semangat dalam bekerja.


4. Buatlah Suasana seperti Anda Kerja di Kantor

images.pexels

✔ Siapkan space atau ruang untuk bekerja

Jika Anda tinggal dalam kamar, Anda bisa mengosongkan ruang atau space sekitar minimal 200cm x 200cm, lebih besar lebih baik lagi agar tanpa sadar bisa terhindar dari suasana rumah. Usahakan agar space Anda bekerja memiliki cukup jarak dengan tempat tidur Anda.

✔ Rapikan meja Anda

Meja kerja Anda tidak harus seperti meja Anda di kantor. Mulailah dengan merapikan dan meletakkan beberapa barang yang biasa Anda letakkan di meja kantor. Kosongkan laci meja Anda, isi yang benar-benar perlu diisi di laci. Tanpa sadar otak Anda masih merasakan suasana bekerja di kantor. Dengan begini, Anda akan merasakan kerja  dari rumah yang lebih produktif seperti halnya Anda bekerja di kantor

✔ Letakkan Bunga dan Foto Pemandangan

☛ Letakkan Bunga agar pikran Anda lebih segar. 
☛ Foto pemandangan juga dapat membuat Anda lebih relax dan  tidak terbebani

✔ Laporkan hasil kerja Anda

Laporkan hasil pekerjaan Anda dan terus update setiap harinya kepada pimpinan Anda.


5. Pastikan Lampu Menyala dan Warnanya Terang

wallpaperflare

     Secara psikologis, pencahayaan yang terang dapat meningkatkan semangat dan tidak membuat mengantuk. Misalnya Anda berdiri di luar ruangan dan terkena langsung sinar matahari, Anda akan seperti terbangun dan tidak mengantuk. Oleh sebab itu, faktor pencahayaan juga sangat penting.
Pencahayaan atau penerangan sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja kita.
✔  Pastikan lampu ruangan Anda menyala dangan warna yang terang
✔ Cari penempatan lampu meja yang tepat agar mata tidak lelah dan dapat meningkatkan konsentrasi.


6. Berikan Pengertian kepada Keluarga

wallpaperflare
   Jika perlu Anda dapat bercerita kepada keluarga dengan kata-kata halus yang tidak membuat tersinggung bahwa Anda mulai bekerja dari rumah dikarenakan adanya kebijakan dari perusaahan atau kantor tempat bekerja untuk mencegah penularan virus Corona. Katakanlah dengan lembut dan dengan ekspresi yang cukup prihatin karena banyak pekerjaan dari kantor yang harus diselesaikan dari rumah dan tidak adanya rekan kerja yang dapat berinteraksi langsung. Anda juga dapat mengatakan bahwa Anda mengharapkan dukungan dan pengertian dari keluarga agar suasana rumah bisa tenang sehingga Anda bisa lebih fokus dalam bekerja.

7. Atur Jadwal untuk Aktivitas di Rumah, Keluarga, Kerja, dan Istirahat

wallpaperflare
    Walau kerjaan menumpuk, Anda harus ingat ada waktunya untuk istirahat sama halnya jika Anda berada di kantor. Waktu Anda bukan hanya untuk kerja saja, ada waktu untuk diri Anda, keluarga, dan orang sekitar Anda. Buatlah jadwal aktivitas Anda di rumah seperti:
☛ Jam berapa Anda bangun
☛ Sarapan
☛ Mandi
☛ Mulai bekerja
☛ Istirahat
☛ Waktu bersosialisasi dengan teman di sosmed
☛ Waktu yang Anda habiskan dengan gadget Anda
☛ Waktu bersama keluarga dan lain-lain.


8. Makan Siang bersama rekan kerja via Video Call

images.pexels

    Sesekali sempatkan diri Anda untuk berdiskusi dengan rekan kerja via Video atau Conference Call, sharing tentang pekerjaan ataupun pengalaman menarik Anda saat bekerja dari rumah. Jika memungkinkan, Anda bisa makan siang bersama rekan kerja Anda via Video Call.
Aplikasi yang biasa dipakai untuk video call:
☛ WhatsApp
☛ Line
☛ Facebook Messenger
☛ Skype, dll.
Tergantung aplikasi mana yang Anda dan rekan kerja Anda aktif gunakan.

9. Siapkan Kopi dan Minuman Berasa

    Sebelum memulai aktivitas bekerja dari rumah, ada baiknya Anda berpikir minuman apa hari ini yang akan Anda nikmati ya... Usahakan minuman yang akan Anda minum yang berbahan alami seperti kopi, teh, jus buah, bukan yang instan karena akan berdampak panjang pada kesehatan Anda ke depannya.

✔ Minuman berkafein

images.pexels
Siapkan minuman berkafein seperti kopi atau teh, layaknya saat Anda kerja di kantor. Jangan dicampur keduanya. Usahakan kopi yang Anda minum tanpa gula karena manfaatnya sangat bagus untuk fungsi kognitif otak dan membantu daya ingat Anda. Pada saat Anda meneguk satu kali saja kopi tanpa gula ini, Anda akan langsung merasakan perbedaanya. Mata Anda yang sayup akan langsung melek dan otak Anda mulai bekerja lebih aktif lagi.




✔ Minuman manis

images.pexels
Minuman manis akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh Anda sehingga Anda memiliki lebih banyak energi yang akan digunakan saat Anda bekerja dari rumah. Buatlah jus buah naga, jus apel, jus wortel, jus pepaya, jus tomat, dan jus buah lainnya yang mudah didapat dan lama bertahan di kulkas.


 

 

✔ Minuman yang sedikit asam

images.pexels
Minuman yang sedikit asam pun layak Anda coba, karena manfaat minuman ini akan memacu semangat Anda kembali jika Anda mulai lesu dan bosan. Anda bisa mencoba jus lemon, jus jeruk, jus mangga yang masih agak muda, dan lainnya.




 

 

 

 

10. Jika Mulai Bosan, Putar Playlist Musik Kerja Anda

 
images.pexels
  Siang menjelang sore, inilah saat dimana biasanya Anda akan mulai bosan dan mengantuk. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ini, ada baiknya Anda siapkan di dekat Anda headset atau speaker bluetooth mini untuk memutar lagu. Buatlah malam sebelumnya, playlist musik kerja yang bergenre semangat sebelum Anda mulai bekerja dari rumah.

11.  Saat sumpek, lihatlah Keluarga Anda agar Semangat kembali

images.pexels

   Akan ada kalanya Anda merasa sumpek, karena tidak adanya sosialisasi dengan rekan kerja Anda seperti biasanya. Jika Anda mulai memikirkan hal yang lain di luar pekerjaan, berkhayal dengan tatapan dan pikiran yang kosong, mulai kehilangan semangat, sindrom ini biasa akan terjadi bagi Anda yang mulai beradaptasi dengan sistem baru kerja dari rumah.
  Solusi yang paling cepat agar Anda dapat berpaling dari hal seperti itu ialah dengan melihat keluarga Anda. Lihatlah orang tua Anda, lihatlah pasangan Anda, lihatlah anak-anak Anda. Untuk apa Anda berjuang bekerja selama ini, tentu saja selain untuk diri sendiri ya untuk keluarga tercinta. Dengan begitu, Anda akan langsung kembali semangat, bahkan tambah semangat !!

12. Banggalah karena Anda Tidak Makan Gaji Buta

images.pexels

     Usahakan agar waktu produktif kerja Anda dari rumah sama lamanya dengan saat Anda bekerja di kantor. Misalnya di kantor 7 jam kerja dan 1 jam ishoma (istirahat, sholat, dan makan), maka bekerja pulalah Anda dengan jumah waktu itu di rumah agar Anda tidak makan gaji buta. Hal itu akan sangat berpengaruh pada psikologis Anda secara tidak langsung dan kemudian mempengaruhi fisik Anda untuk lebih bersemangat keesokan harinya.
     Banggalah pada diri Anda, bahwa Anda berhasil melalui hari ini, jadikanlah itu sebagai target keesokan harinya dan seterusnya.




Terima kasih buat sobat KaWan yang sudah meluangkan waktu untuk membacanya, semoga bermanfaat. Silahkan Comment jika ada tambahan masukan lain dan Share ke teman jika sobat KaWanmerasa ini berguna ❤ ❤ ❤























Tidak ada komentar:

Posting Komentar